Manajemen Pemasaran Marketing Mix
By : Dimas Ferdiansyah
Pengertian
marketing Mix yang akan
saya bahas dalam artikel ini berdasarkan apa yang saya pahami di bangku kuliah
dalam pelajaran manajemen pemasaran, kita terkadang sering mendengar, sering
membaca dan bahkan pempelajarinya namun karena manusia tempatnya salah dan lupa
akhirnya apa yang telah terjadi kerap sekali dilupakan atau terlupakan tanpa
sengaja karena sibuk dengan hal lain, itulah sebabnya saya tulis artikel ini
bertujuan untuk membantu yang membutuhkannya agar kembali mengingat apa
itu pengertian marketing Mix.
Pengertian marketing Mix Secara
bahasa adalah Bauran Pemasaran, sedangkan menurut istilah marketing Mix adalah
strategi pemasaran yang di laksanakan secara terpadu atau strategi pemasaran
yang di lakukan secara bersamaan dalam menerapkan elemen strategi yang ada
dalam marketing Mix itu sendiri.
Pengertian Marketing Mix menurut
pakar marketing dunia yaitu Kotler dan Amstrong pada tahun 1997 berbunyi :
“ Marketing mix as the set of controllable marketing
variables that the firm bleads to produce the response it wants in the target
market”
Bahasa indonesianya kurang lebih : ” Marketing Mix adalah
sekumpulan variable – variabel pemasaran yang dapat dikendalikan, yang
digunakan oleh perusahaan untuk mengejar tingkat penjualan yang diinginkan
dalam target pemasaran“
Marketing Mix sendiri di dalamnya terdapat beberapa elemen
marketing kalau jaman dahulu dikenal dengan unsur 4P , namun seiring
berkembangnya jaman makin modern kini ada yang mengatakan marketing mix ada 7P
artinya ada penambahan Tiga strategi lagi. bukan perkara salah atau benar dari
kedua pendapat di atas tapi yang namanya strategi menurut saya kita bebas
menambahkan selama apa yang ditambahkan bisa menjadikan strategi pemasaran yang
kita lakukan semakin hebat.
Apa saja unsur – unsur marketing Mix baik 4P atau 7P
tersebut, berikut disebutkan :
- Produk
- Price
- Promotion
- Place
- Partisipant/ People
- Proses
- Physical Evidence
Marketing Mix Product :
Produk sendiri terbagi dua yaitu produk nyata bisa dilihat
dan produk tidak nyata atau jasa hanya bisa dirasakan tapi tidak bisa di lihat.
Dalam hal produk perlu di perhatikan kualitas, layanan, dll karena konsumen
ketika membeli bukan hanya sekedar ingin tapi juga membutuhkan dan harus kita
perhatikan kepuasan konsumen terhadap produk yang kita tawarkan.
Marketing Mix Price :
Strategi dalam menentukan harga yang kita tawarkan kepada
konsumen , karena harga juga penentu apakah konsumen mau membeli produk kita
atau tidak.
Marketing Mix Promotion / Promosi :
Merupakan strategi dalam mengkomunikasikan informasi produk
atau jasa dari penjual kepada pembeli, dalam hal ini kita harus pandai – pandai
menyusun strategi promosi agar produk kita bisa dikenal oleh konsumen.
Marketing Mix Place:
Sering juga di sebut saluran distribusi, yang berarti
keseluruhan kegiatan atau fungsi untuk memindahkan produk disertai dengan hak
pemiliknya dari produsen ke konsumen akhir atau pemakai.
Marketing Mix Partisipant or People :
Partisipant atau people yang di maksud adalah mereka yang
ikut berpartisipasi dalam startegi pemasaran produk atau jasa, misal dalam
usaha restoran maka yang di maksud adalah para kasir, pelayan, dan penjual
sayur dll. baik yang terlibat langsung mau pun tidak.
MarketingMix Procces :
Kegiatan marketing mix yang menunjukan bagaimana proses
pelayanan yang di berikan kepada konsumen pada saat melakukan pembelian produk
atau jasa yang kita tawarkan.
Marketing Mix Physical Evidence / Lingkungan Fisik
:
merupakan Lingkungan fisik yang berkaitan dengan keadaan atau
kondisi yang di dalamnya juga termasuk suasana. Karakteristik lingkungan fisik
merupakan segi paling jelas dan nampak dalam kaitannya dengan situasi pemasaran
. maksud dari situasi ini adalah keadaan atau situasi dan kondisi secara
geografi, lingkungan institusi, dekorasi dari ruangan, adanya suara, aroma
fisik , cahaya yang terpancar , cuaca yang baik, peletakan dan layout yang
nampak atau situasi lingkungan yang penting sebagai obyek stimuli hal ini di
kemukakan oleh Belk 1974 dalam Assael 1992.
Demikian pembahasan pengertian marketing
Mix dan sedikit penjelasan unsur – unsur marketing mix secara
global, jika ada keslahan dan kekurangan saya persilahkan anda memberikan
komentar di bawah artikel ini untuk membenarkan yang salah atau menambahkan
yang kurang tentang pengertian marketing Mix ini . salam sukses.
Sumber: http://www.lebahmaster.com/pengertian-marketing-mix/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar